Gouache Vs Water Color

Pasti kalian sering melihat seniman di Instagram melukis bunga yang cute menggunakan cat, namun cat itu bukanlan cat air maupun cat poster. Cat yang mereka gunakan itu adalah cat air gouache yang berada di tengah-tengah antara cat air dan cat poster. Jika kamu masih penasaran dengan apa itu guache, kamu bisa baca di sini.


Cat air dan gouache sedikit berbeda, meskipun kedua-duanya menggunakan air. Untuk mengetahui perbedaanya kita bisa membandingkannya dengan menyapukan kedua jenis cairan tersebut di atas kertas. Kalau kalian penasaran, kalian bisa membuat perbandingan seperti yang sudah aku lakukan.



Dari perbandingan yang sudah aku lakukan, kalau dilihat dari sifatnya, cat air memiliki sifat yang transparent sedangkan gouache bersifat solid atau menutup permukaan. Sedangkan warna gouache lebih pekat dibanding warna cat air yang terlihat lebih soft.

Untuk memberikan warna terang pada cat air, kamu cukup menambahkan air sedangkan gouache bisa ditambahkan dengan pigmen putih. Begitu juga dengan warna yang lebih gelap apabila pada cat air kita harus berulang-ulang menyapukan pigmen yang sama, maka pada gouache kita cukup menyapukan pigmen yang lebih gelap. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang gouache bisa klik di sini.

Share:

0 komentar