Call Me Guache!

Apa itu gouache? Yak, gouache itu adalah cat. Cat yang kayak gimana ya?


Gouache adalah cat air yang pigmen warnanya memiliki sifat yang lebih solid ketimbang cat air. Kalau kita bandingkan cat air dan cat poster, maka gouache akan berada di tengahnya.  Walaupun mirip namun cat air, namun sebenarnya gouache berbeda. banyak juga yang menganggap bahwa gouache sama dengan cat air, maka ketahuilah berbedaan gouache dan cat air. Gouache bersifat tidak terlalu transparan seperti cat air namun juga tidak sepekat seperti cat poster.

Banyak seniman-seniman di dunia yang memakai cat jenis gouache. Merek-merek dari gouache ini pun juga beragam, seperti merek yang terkenal untuk profesional yaitu Winsor & Newton Designer Gouache. Kalau soal kualitas sih jangan ditanya, tapi gouache merek ini lumayan mahal lho. Satu tube aja dihargai EUR 4.5 - EUR 10, yah sekitar IDR 60.000 - 150.000 lah. Gila ya untuk satu tube aja 50 ribuan lebih, dan untuk satu set isi 5 tube dihargai EUR 18.5 atau sekitar IDR 270.000. Sedangkan untuk 10 tube dihargai sekitar EUR 37.5 atau sekitar IDR 540.000 rupiah





Untuk membeli Winsor & Newton Designer Gouache kamu harus beli secara online dan dikirim dari Inggris. Tapi kalau kamu takut membeli secara online, di Indonesia sekarang sudah ada distributornya kok. Winsor & Newton Designer Gouache bisa kamu dapatkan di sebuah toko di Jalan Braga Bandung, di sana ada sebuah toko alat lukis yang menjual produk Winsor & Newton Designer Gouache.





Untuk di Indonesia sendiri gouache hanya sedikit macamnya. Bagi kamu yang masih belajar atau melukis untuk senang-senang kamu juga bisa memakai gouache dengan harga yang murah dan mudah di dapat. Gouache yang mudah didapat yaitu gouache merek Marie's dengan harga sekitar 70.000 rupiah untuk 14 warna. Kamu bisa membelinya secara online maupun secara offline di stationary store terdekat. 

Kamu juga bisa melihat hasil karya menggunakan cat gouache di sini.

Share:

1 komentar

  1. Ga sengaja nemu blog ini pas lagi cari tahu guache painting, hey trims ya buat infonya, saya jadi semangat lagi buat melukis,

    ini blog saya, visit ya : www.emosianisme.net

    BalasHapus